Hubungi kami via Whatsapp 0877-2264-2882

Bet pramuka merupakan sebuah atribut perlengkapan baju pramuka maupun tutup kepala, yang wajib ada dan terpasang sesuai dengan tempatnya tersendiri. Karena tanpa adanya bet pada baju tersebut akan membuat baju pramuka tersebut tidak lengkap, bahkan tidak resmi. Nah, bagi anda yang ingin mengenal jauh tentang bet ini. Berikut adalah jenis bet dan ulasannya.

  1. Tanda Tutup Kepala

Tanda Tutup Kepala ini bisanya berbentuk kotak untuk putra dan bulat untuk putri yang terpasang pada bagian baret atau peci sebagai tutup kepala setiap anggota pramuka. Akan tetapi dari setiap tingkatan pramuka memiliki bentuk dan warnanya yang berbeda.

Mulai dari tingkat siaga tanda tutupnya berwarna hijau, untuk penggalang yakni berwarna merah, sedangkan untuk tingkat penegak yaitu berwarna kuning. Kemudian atribut tersebut untuk putra dipasang pada bagian depan samping kiri baret dan untuk putri dipasang pada bagian tengah depan topi.

Khusus untuk tingkatan pandega dan pembina atribut tutup kepala dipasang di bagian peci yang berwarna hitam di sebelah kiri depan, dengan jarak 2 cm dari sisi depan dan juga jarak antara 1 cm dari sisi sebelah atas peci.

  1. Lambang Pandu Dunia

World Organization of the Scout Movement (WOSM) atau bisa disebut dengan Organisasi Gerakan Pramuka Sedunia merupakan organisasi internasional dari non pemerintah, independen, dan non profit yang bergerak untuk menaungi Gerakan Pramuka (Ke-panduan) di negara seluruh dunia.

WOSM sendiri didirikan pada 1920 yang berkantor pusat di Swiss (Jenewa). Selain WOSM terdapat juga terdapat organisasi ke-panduan khusus untuk putri sedunia yaitu World Association of Girl Guides and Girl Scouts (WAGGGS) atau yang disebut juga dengan Asosiasi Ke-panduan Putri Sedunia).

Hingga saat ini WOSM telah mengakui organisasi kepramukaan pada 161 Negara terutama di negara kita sendiri Indonesia yang telah bergabung sejak tahun 1953.

  1. Tanda Pelantikan

Tanda Pelantikan merupakan sebuah tanda pengenal yang diberikan khusus kepada seorang anggota pramuka yang wajib untuk dikenakan pada pakaian seragam pramukanya, pada saat seorang yang bersangkutan tersebut telah dilantik atau diresmikan menjadi anggota pramuka yang sah.

Tanda pelantikan ini disematkan pertama kali untuk seseorang yang telah menjadi anggota pramuka dan akan berlaku selama seumur hidup. Namun, untuk setiap ada acara pelantikan pramuka, anda tidak harus menyematkan tanda ini lagi, cukup dengan mengucapkan Janji Tri Satya atau Dwi Satya saja.

  1. Lambang Daerah

Logo kwartir daerah merupakan badge yang sekaligus bagian dari Gerakan Pramuka di setiap Provinsi.

Badge daerah juga merupakan sebagai tanda pengenal di dalam gerakan Pramuka. Hal ini telah ditetapkan di dalam sebuah Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 055 th. 1982 dan nmoro 005 th 1989 yang sesuai dengan peraturan bagde di setiap daerah yang berupa bentuk perisai dan juga gambar dari setiap ciri daerah tersebut.

  1. Setangan Leher

Dasar penerapan setangan leher wajib menggunakan kain yang berwarna dasar putih dengan kombinasi lis yang berwarna merah pada setiap masing-masing pada sisi kaki segitiga. Sisi panjang dari segitiga tidak menggunakan lis yang berwarna merah karena lebar lis warna merah tersebut hanya 5 cm.

Untuk ukuran setangan leher pramuka masing-masing dibedakan berdasarkan dari setiap golongan usia dari anggota pramuka. Yang menjadikan tolak ukur pembedanya adalah dari panjang sisi terpanjang atau dari sisi alas dari bentuk segitiga sama kaki. Karena itulah panjang dari kedua sisi kaki akan bisa menyesuaikan dengan panjang sisi alasnya.

 

Bagi kakak yang ingin mendapatkan badge custom dari kami bisa cek gambar dibawah ini.

Pemesanan melalui Whatsapp : 0877-2264-2882

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *