Hubungi kami via Whatsapp 0877-2264-2882

Baju pembina pramuka merupakan layaknya sebuah pakaian pramuka pada umumnya yang memiliki warna coklat muda dan coklat tua. Akan tetapi beberapa model desain dan penerapan atribut yang berbeda membuatnya menjadi lebih berwibawa dibandingakan dengan pakaian lainnya.

  1. Tutup Kepala

Mulai dari bagian atas adalah tutup kepala yang biasa digunakan untuk pembina putra yakni dibuat dengan bahan polos yang berwarna hitam dengan memiliki bentuk peci nasional. Penutup kepala ini juga bisa menggunakan baret pada saat upacara yang melibatkan para peserta didik yang disesuaikan dengan ketentuan dari penyelenggara kegiatan.

Sedangankan tutup kepala yang digunakan untuk putri sebenarnya dari warnanya sama seperti yang digunakan oleh putra, yakni bentuk peci hitam polos. Akan tetapi terdapat beberapa ketentuan seperti pada tinggi bagian depan yakini 7 cm, bahkan pada bagian belakang harus dibuat melengkung dan bukaan di bagian belakang selebar 8 cm.

Pada bagian samping kiri depan juga diberi sebuah lipatan melengkung dengan panjang dasar sekitar 10 cm dan menyesuaikan dengan besaran pada setiap kepala.

  1. Baju

Untuk bahan dasar baju dari pembina pria adalah dibuat dengan warna coklat muda berlengan pendek atau bahkan bisa dengan penggunaan lengan panjang yang berkerah. Terdapat juga dua saku tempel yang berada pada bagian dada kanan maupun kiri dengan lipatan luar yang memiliki lebar 2 cm di tengah saku kemudian diberi tutup yang bergelombang.

Sama dengan baju pembina putra yakni penggunaan warna dasar pada pembina putri adalah dengan warna dasar coklat muda lengan pendek dan lengan panjang bagi yang muslimah.

Penerapan model baju prinses pada bagian depan dan juga belakang dengan memakai lidah bahu yang memiliki lebar 3 cm. Terdapat pula dua saku dalam pada bagian depan bawah kanan maupun kiri yang mulai dari garis potong prinses sampai ke jahitan samping.

Baju Pembina Pramuka ini dibuat dengan desain tanpa ban pinggang karena desain baju dikanakan di luar rok jadi panjang baju pembina putri sampai garis pinggul.

  1. Celana atau Rok

Untuk bahan dasar pembuatan celana atau rok dari pembina adalah dengan menggunakan warna dasar coklat tua. Desain yang diterapkan untuk celana putra adalah celana panjang yang memiliki saku dalam di samping kanan maupun di samping kiri.

Sedangkan saku bagian dalam di pada belakang sebelah kanan maupun sebelah kiri diberi penutup, dan tidak lupa dilengkapi dengan memakai ikat pinggang yang berwarna hitam.

Bahan warna yang digunakan untuk membuat rok juga sama menggunakan warna coklat tua, dan model rok yang diterapkan adalah dengan bagian bawah yang melebar atau model “A“ yang di kombinasikan dengan lipatan yang tertutup (splitplooi) pada bagian belakang.

Dilengkapi pula dengan saku dalam pada samping kanan maupun kiri, dan panjang rok adalah 10 cm di bawah lutut untuk yang umum dan jenis yang muslimah akan memiliki panjang sampai mata kaki.

  1. Setangan leher

Setangan leher atau hasduk khusus untuk putra yaitu dibentuk segitiga sama kaki, sisi panjang 120 sampai 130 cm dengan kemiringan sudut bawah yakni 90 derajat dengan dilipat selebar 5 cm untuk memperjelas warna merah dan putihnya kemudian diikat dengan menggunakan ring.

Sedangkan untuk putri juga sama yaitu menggunakan hasduk kombinasi warna merah dan putih dengan berbentuk segitiga sama kaki, yang pada sisi  memiliki panjang antara 120 sampai 130 cm dengan sudut 90 derajat. Dilipat 5 cm untuk setiap lipatannya dan diikat menggunakan ring juga.

ADVETORIAL


Kalau soal baju lapangan pembina kami ada desain yang bisa kakak pesan nih!

Harga Rp. 200.000,- info lebih lanjut klik Kemeja Pembina Pramuka

Baju Pembina Pramuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *